Sunday, May 30, 2010

Manajemen, Mengapa Perlu (Bagian 2)

3. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.
    Suatu kerja organisasi dapat diukur dengan banyak cara yang berbeda. Salah satu cara yang aman adalah efisiensi dan efektifitas. Efisien identik dengan penghematan sedangkan efektif identik dengan ketepatan dalam mengambil kebijakan dan tindakan.

    Efisiensi dan efektifitas adalah dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Tentu saja, kedua hal ini bersifat komplementer; saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

    Kedua hal ini adalah dua alat untuk mengukur kinerja. Tepatnya; Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar sedangkan efektifitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat, dengan peralatan yang tepat pula.

    Seseorang bisa dikatakan efisien manakala dia bisa menghasilkan sesuatu yang lebih besar dibandingkan dengan input yang diperlukannya. Dia mampu meminimalisasi berbagai sumber daya yang diperlukan tanpa mengurangi kualitas hasil yang diharapkan. Adapun seorang yang efektif (apapun level kepangkatannya) ketika dia dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan dengan cara yang tepat pula.

    Menurut Peter Drucker efektif adalah melakukan pekerjaan yang benar, sedangkan efisien adalah melakukan pekerjaan dengan benar.

    No comments:

    Post a Comment