Thursday, May 27, 2010

Manajemen, Apa yang perlu dipahami?

“Manajemen, siapa yang butuh?” Kebanyakan akan menjawab: Perusahaanlah yang membutuhkan! Cukupkah mereka saja yang butuh? Tentu saja tidak. Manajemen tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan saja. Perusahaan, birokrasi, tentara, dosen, mahasiswa, bahkan anak kecilpun membutuhkannya. Pada prakteknya semuanya membutuhkan manajemen.

Sebagai makhluk social tentu saja manusia selalu terlibat dalam organisasi. Apapun organisasi itu. Apalagi jika mereka termasuk orang-orang yang terdidik. Organisasi sekolah, organisasi olahraga, organisasi masyarakat, perusahaan tempat bekerja, dll. Setiap organisasi tersebut pasti punya persamaan. Walaupun dalam teknis aplikasi ada beberapa perbedaan. Persamaan ini terutama terletak pada fungsi manajerial yang dijalankan.

Fungsi-fungsi manajemen tersebut universal. Fungsi manajemen ada dalam setiap tubuh organisasi. Baik organisasi itu bersifat formal maupun informal. Baik organisasi itu berskala local, nasional, regional maupun internasional. Baik itu organisasi profit oriented, organisasi social, organisasi pemerintahan, organisasi kemasyarakatan, fungsi manajemen ini secara umum sama.Adanya perbedaan aplikasi fungsi manajemen ini mengingat model, budaya, tipe anggota, manajer dan variable-variabel lainnya di organisasi tersebut juga berbeda.

Kebanyakan orang menganggap pola manejemen yang digunakan barat sama dengan pola yang diterapkan jepang. Kalaupun itu ada perbedaan hanyalah sekitar 5 % saja. Begitu kata Takeo Fujisawa, salah seorang pendiri Honda. Manajemen Jepang menitik beratkan sumberdaya manusia sebagai modal terpenting didalam organisasi. Sedangkan model menganggap sumberdaya manusia sebagai manusia seutuhnya. Kalao dibandingkan dengan pola barat; maka ini lebih mirip dengan model manajemen partisipatif.

Sebagai tulisan awal setidaknya ini bisa mengantarkan para pembaca untuk bisa memahami pembahasan-pembahasan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment